Jumat, 13 Juni 2014

karya tulis ilmiah hukum memiliki handphone bagi remaja



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Handphone merupakan sebuah alat komunikasi dengan berbagai fitur tambahan yang menunjang fungsi primernya. Adanya fungsi tambahan ini membuat handphone menjelma sebagai alat multi fungsi yang memanjakan penggunyanya, berbagai fitur hiburan pun di masukkan kedalamnya, dari kamera, vedeo, radio, perekam suara, musik, sosial media, dan berbagai fitur lain yang menjadikan alat ini sebagai dambaan setiap orang, dari anak-anak, remaja, sampai orang tua.
Diera globalisasi ini, handphone tak lagi menjadi barang mewah yang hanya orang-orang kaya saja yang dapat memilikinya, tetapi telah menjadi barang primer yang di butuhkan oleh setiap orang, bahkan, hampir seluruh manusia memiliki handphone, tak terkecuali seorang pengemis pun telah banyak yang memilikinya.
Masa remaja adalah masa untuk menemukan jati diri, mereka labil akan siapakah diri mereka sendiri, berbagai macam tindakan mereka lakukan untuk menemukan jati diri mereka, pergaulannya dengan teman memberi pengaruh yang sangat besar dalam proses tersebut, handphone pun menjadi alat fital untuk menunjang proses dan komunikasi dalam pencarian jati diri tersebut.
Remaja sebagai cikal bakal penerus bangsa, tidak dapat dilepaskan dengan yang namanya “handphone”. Seolah-olah produsen handphone membidik remaja sebagai konsumen terbesarnya, bahkan, anak-anak sekolah dasar pun telah banyak yang memilikinya.
Berbagai macam hiburan yang ada di dalam handphone telah mengalihkan tugas mulia para pelajar untuk belajar, mereka lebih suka memegang handphone dari pada memegang buku, handphone telah menjadi sahabat mereka.
Berdasarkan alasan yang serat dengan opini-opini dan fakta-fakta tersebut, penulis ingin menyajikan sebuah karya tulis ilmiah yang berjudul hukum memiliki handphone bagi remaja, jangan mengasumsikan kata hukum dalam judul tersebut dengan hukum fiqih tentang halal, haram, makruh mubah, dan sunah, karna kata hukum disini lebih mengarah pada norma-norma dan etika.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penulisan karya tulis ilmiah diatas, penulis akan membuat karya tulis ilmiah dengan rumusan masalah sebagai berikut:
A.       Bagaimana umumnya penggunaan handphone bagi remaja dalam kehidupan sehari-hari?
B.       Apa saja manfaat handphone bagi remaja?
C.       Apa saja dampak negatif handphone bagi remaja?
D.       Bagaimana pandangan masyarakat awam dalam hal etika mengenai problema tersebut?
C.      Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah
A.       Mengetahui kebiasaan kebanyakan remaja dalam menggunakan handphone dalam kesehariannya
B.       Mengetahui manfaat-manfaat penggunaan handphone bagi remaja
C.       Mengetahui dampak-dampak negatif dari penggunaan handphone dikalangan remaja
D.       Dapat menyimpulkan berbagai pendapat dari masyarakat mengenai hukum memiliki handphone bagi remaja
BAB II
PEMBAHASAN
A.      Penggunaan Handphone bagi Remaja dalam Kehidupan Sehari-Hari
Hampir semua anak-anak remaja telah memiliki handphone (hp), kebanyakan dari mereka memiliki handphone yang dapat dikatakan tren mode, tampaknya mereka malu jika mempunyai handphone jadul, dengan hp yang tren mode, berbagai fitur luar biasa pun telah ada di dalam genggaman mereka, aneka sosial media, kamera, vedeo, perekam suara, mp3, mp4, game, dan masih banyak lagi, semua itu dapat mereka nikmati 24 jam non stop,
Salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh para remaja adalah short message service (sms) dan mp3. Sms merupakan fitur untuk mengirim pesan singkat secara cepat kepada seseorang yang dituju, Biasanya yang paling sering mreka ajak sms-an adalah teman dan pacar, disela-sela kesibukan mereka pun masih sempat-sempatkan untuk bermain sms-an, mereka mencuci, makan, nonton TV, belajar, dan beranjak tidur pun masih disempat-sempatkan untuk sms-an. Begitu juga dengan mp3 yakni sebuah fitur untuk memutar musik yang di inginkan, biasanya, lagu-lagu barat, pop, dan dangdutlah yang sering mereka dengarkan, sampai-sampai mereka hafal lirik-lirik lagunya dan mereka tidak malu untuk menyanyikannya ditempat manapun yang mereka inginkan.
Seolah tidak mau kalah dengan fitur sms dan mp3, facebook menempati urutan ketiga dalam penggunaan terbanyak oleh remaja. Sebuah fitur sosial media yang dapat menghubungkan antar teman bahkan dengan orang yang tidak dikenal yang berada diluar negri, dulu facebook hanya dapat digunakan di laptop atau komputer, tetapi sekarang menjadi menu wajib yang ada di handphone.
Selain facebook, internet juga menjadi andalan bagi remaja, dengan internet batas-batas antar negara tak lagi tampak, katanya, apapun ada di dalam internet. Buku, majalah, vedeo, gambar, peta, shopping, applications, perjudian, promosion, dan masih banyak lagi, semua itu ada di internet dan internet sekarang menjadi menu wajib di handphone, tak hayal, dunia pun ada di dalam genggaman remaja.
B.       Manfaat Handphone bagi Remaja
Seiring dengan banyaknya fungsi dan kegunaan handphone, pastinya mempunyai manfaat yang tidak kalah banyaknya. Diantaranya adalah:
1.         Mempermudah komunikasi
salah satu manfaat handphone yang paling vital adalah untuk berkomunikasi, karna komunikasi adalah kebutuhan bagi manusia, dengan adanya handphone, manusia dapat berkomunikasi kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja, sejauh apapun jarak yang memisahkan manusia, dengan handphone akan sangat mudah untuk berkomunikasi.
2.         Memperbanyak teman
Dengan adanya aplikasi pertemanan yang di sediakan di handphone seperti facebook, kita dapat menambah teman dan sahabat dari berbagai tempat yang bahkan belum pernah kita ketahui.
3.         Tidak gagap iptek
Dengan adanya handphone, kita dapat mencari informasi dengan mudah dengan aplikasi yang disediakan di handphone, akibatnya, akan menambah pengetahuan kita tentang perkembangan teknologi terbaru. Pun handphone dapat sangat membantu remaja dalam proses blajar dengan kecanggihan yang dimilikinya.
4.         Mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan
Dalam bekerja, pastinya kita akan slalu berkomunikaso dengan rekan kita, dengan adanya handphone akan mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan, setelah lulus sma biasanya sebagian remaja akan mencari pekerjaan, dan dengan adanya handphone, hal itu akan lebih mudah.
5.         Mempermudah mencari informasi di dunia maya
Adanya internet di dalam aplikasi handphone, akan mempermudah para penggunanya dalam mencari informasi, karna hampir seluruh informasi apapun ada didalam internet,
C.       Dampak Negatif dari Handphone bagi Kalangan Remaja
Handphone dengan segala kecanggihan yang dimilikinya, mempunyai manfaat yang luar biasa banyaknya karna aplikasi penunjangya di desain sedemikian rupa untuk memudahkan hidup manusia, tetapi disisi lain, kecanggihan yang dimiliki handphone tersebut dapat berakibat buruk jika salah penggunaannya.
Remaja yang sedang mencari jati dirinya sering kali teledor dalam penggunaan handphone dalam kesehariannya, dan jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk pada emosional dan cara berpikirnya saat dewasa, adapun dampak-dampak negatif dari penggunaan handphone adalah:
1.         Mengganggu konsentrasi remaja saat belajar
Banyaknya aplikasi yang ada di dalam handphone, dapat mengganggu konsentrasi remaja saat belajar, contohnya saat berlangsungnya KBM di kelas, remaja sibuk bermain dengan handphonenya tanpa memperhatikan guru yang sedang mengajar.
2.         Adanya efek radiasi
Penggunaan handphone dengan intensitas yang sangat sering, akan berdampak negatif pada kesehatan sang pemakainya, yaitu adanya efek radiasi yang dikeluarkan oleh handphone, efek radiasi ini akan mengganggu kerja otak.
3.         Rawan terhadap tindakan kejahatan
Meskipun handphone bukan barang mewah, tetapi harganya cukup mahal, mulai harga yang murah yakni kurang dari Rp300.000, lalu harga yang sedang-sedang sekitar Rp300.000-an lebih, sampai yang mahal yang lebih dari Rp5000.000-an, dengan harga seperti itu, tidak sedikit terjadi tindakan kejahatan seperti penjambretan, pencurian, perampasan, dll. Yang biasanya adalah handphone. Anak-anak dan remaja pun menjadi sasaran empuk bagi para pelaku tindakan kejahatan tersebut dikarenakan lemahnya pertahanan mereka, khususnya pada wanita.
4.         Mempengaruhi sikap, perilaku, dan perkembangan pola pikir remaja
Dengan adanya menu internet di dalam handphone, anak atau remaja dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang dapat merusak moral remaja, dan dapat merusak pola pikir mereka sehingga pikirannya lebih condong kearah negatif, oleh sebab itu, para orang tua harus slalu mendampingi, mengkontrol dan membimbing anak-anak dalam penggunaan handphone mereka.
5.         Pemborosan
Menggunakan handphone sama artinya dengan melakukan pemborosan, karna kita harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa dengan siklus yang terus-menerus, disaat saldo handphone kita habis atau telah habis masa aktifnya walaupun masih ada saldonya, mau tidak mau kita harus membeli pulsa untuk memperlancar komunikasi kita.
6.         Mempermudah dalam melanggar hukum
Remaja yang memiliki gejolak kuat tentang segala sesuatu, akan mencari tahu tentang apapun yang ada di dalam angan-angannya, karna pengaruh lingkungannya, remaja bisa saja berangan-angan positif atau pun berangan-angan negatif, kecenderungan berangan-angan negatif bagi remja lebih dominan dari pada berangan-angan positif, contohnya, karna teman-temannya banyak yang meminum-minuman keras dan memakai narkoba, seorang remaja dapat saja tertarik ingin tahu rasanya memakai barang-barang tersebut, karna lemahnya bimbingan dan pengawasan orang tua, remaja bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang tersebut dengan memesan kepada rekannya lewat handphone.
7.         Mempermudah berhubungan dengan pacar
Dulu sebelum handphone masuk kedesa, seorang muda mudi yang sedang dilanda cinta, hanya dapat berhubungan lewat surat menyurat, untuk mengadakan janji berkencan saja butuh waktu berhari-hari karna pesannya ditulis lewat surat, tetapi sekarang dengan adanya handphone, muda mudi dapat berkencan dengan mudah lewat sms atau telpon.
Remaja yang sedang berpacaran, lebih suka berkencan ketempat sepi dari pada ketempat ramai, itu akan sangat berdampak negatif karna gejolak remaja masih sangat labil dan memiliki kuriositas yang sangat tinggi tentang segala sesuatu, akibatnya terjadi pernikahan dini, hamil diluar nikah, dll, itu semua karna ada handphone yang memudahkan mereka berkomunikasi dengan lawan jenis.
D.       Pendapat dari Masyarakat Mengenai Kepemilikan Handphone di Usia Remaja
Dipoin yang keempat ini, akan diutarakan pendapat dari masyarakat mengenai bagus atau tidaknya memberi anak atau remaja handphone untuk kesehariannya. Para orang tua juga mempunyai banyak alasan untuk memberikan handphone kepada anak-anak mereka, tapi sebagian juga ada yang tidak memberikan handphone kepada anak-anak mereka, karna alasan tertentu.
Sebagian orang tua biasanya memberi hp kepada anak-anaknya agar mudah untuk dihubungi dan agar mengetahui perbuatan yang dilakukan oleh anaknya, orang tua yang seperti ini adalah orang tua yang peduli dengan perkembangan anaknya.
Tapi ada juga orang tua yang menilai memberikan hp kepada anak akan berdampak buruk karna fasilitas yang ada di hp sangat menunjang untuk melakukan penyelewengan seperti mengakses situs-situs dan menyimpan foto-foto dan vedeo-vedeo porno.
Ditempat saya tinggal, ada pelajar yang dikawinkan setelah hamil duluan, menurut masyarakat, itu semua gara-gara orang tuanya memberikan hp kepada anaknya tanpa pengawasan yang semestinya,
Ada juga cerita seorang ibu-ibu muda yang memiliki konter dan memiliki anak lelaki kelas enam sekolah dasar, ibu itu sangat sayang kepada anaknya dan ibu itu memberikan hp kepada anaknya karna anaknya meminta hp, diberikannya sebuah hp yang canggih dan mahal agar anaknya senang dan ibu itu dapat selalu menghubungi anaknya kapan saja, tetapi setelah beberapa minggu, ibu itu mengotak-atik isi hp anaknya yang tergeletak diatas meja, betapa terkejutnya ibu itu melihat hp anaknya penuh dengan vedeo-vedeo porno, dan segera saja hp anaknya itu dijual dan diganti dengan hp jadul yang hanya dapat digunakan untuk sms dan telepon.
Dari cerita-cerita diatas, terlihat banyak sekali dampak-dampak negatif dari penggunaan hp bagi remaja, tapi tidak sedikit manfaat hp untuk memudahkan para remaja dalam menjalankan aktifitas kesehariannya. Sebaiknya orang tua slalu membimbing anak-anaknya dalam menggunakan hp, dan slalu mengarahkannya untuk lebih mempertebal keimanan kepada Tuhan karna itu adalah tameng yang paling efektif.
BAB III
PENUTUP
A.      Simpulan
Hampir semua anak remaja memiliki handphone canggih yang dapat dikatakan tren mode, dengan hp seperti itu, mereka biasa menggunakannya untuk bersenang-senang, fitur yang paling sering mereka gunakan adalh short message service (sms), mp3, facebook, dan internet
Ada beberapa manfaat menggunakan hp, di antaranya adalah:
1.         Mempermudah komunikasi
2.         Memperbanyak teman
3.         Tidak gagap iptek
4.         Mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan
5.         Mempermudah untuk mencari informasi di dunia maya
Dan ada pula dampak negatif dari penggunaan hp, di antaranya adalah:
1.         Mengganggu konsentrasi remaja saat belajar
2.         Adanya efek radiasi
3.         Rawan terhadap tindakan kejahatan
4.         Mempengaruhi sikap, perilaku, dan perkembangan pola pikir remaja
5.         Pemborosan
6.         Mempermudah dalam melanggar hukum
7.         Mempermudah berhubungan dengan pacar.
Mengenai bagus atau tidaknya remaja memiliki handphone, ada yang mengatakan bagus dan ada yang mengatakan buruk, orang-orang yang mengatakan bahwa memberikan hp kepada anak adalah bagus adalah orang-orang yang dapat dikatakan berpikir positif tentang kemajuan jaman, dan orang-orang yang mengatakan sebaliknya adalah orang-orang yang terlalu berpikir tradisional dan menilai usia anak-anak atau remaja harus dicekoki dengan nilai-nilai agama tanpa berhubungan dengan globalisasi.
Semua pilihan ada ditangan anda, bagus atau tidaknya remaja diberi hp, tergantung anda yang menyikapinya, tetapi yang paling penting, kita harus terus mengikuti perkembangan iptek agar tidak kuper dan mempertebal keimanan kita, karna iman dan takwa berfungsi sebagai filter agar tidak terjerumus pada kerusakan moral.

B.       Saran
Demikian karya tulis ilmiah ini penulis uraikan, apabila terdapat kesalahan, Hendaknya supaya memberi masukan, agar dalam pembutan karya tulis ilmiah penulis dapat lebih baik lagi.
Dan di harapkan dengan adanya karya tulis ilmiah ini pembaca dapat memahami dampak-dampak negatif dan positif dari memiliki hp bagi remaja dan lebih waspada lagi terhadap kemajuan jaman.
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar