Jumat, 05 Juni 2015

cara membedakan legen asli dengan legen oplosan

FENOMENA LEGEN OPLOSAN

Legen merupakan minuman yang berasal dari getah pohon siwalan. minuman ini dapat diperoleh di desa yang punya banyak pohon siwalan, desa Sendang kecamatan paciran lamongan adalah produsen legen murni. 18/03
Menurut kojer (50) petani legen, legen dapat dipanen setiap pagi dan sore dan berkhasiat menyembuhkan kencing batu. Rasa yang nikmat dan khasiat yang baik membuat minuman ini dicari setiap orang.
Namun berbeda ketika legen yang dikonsumsi merupakan legen yang sudah terkontaminasi oleh bahan lain. Ketika legen sudah tidak murni maka khasiat dan kegunaannya tidak akan dirasakan lagi. Masyarakat menyebutnya legen oplosan.
Campuran air putih, air kelapa, penguat rasa dan bahan pengawet digunakan untuk bahan membuat legen oplosan. Sekilas nampak sama tapi jika diamati legen asli dengan legen oplosan dapat dibedakan.
Legen asli berwarna lebih keruh, dan berbusa, jika ditutup rapat selama setengah hari akan meledak, dan hanya tahan disimpan selama sehari, jika lebih dari sehari rasa akan berubah masam.
Legen oplosan berwarna lebih bening dan tidak berbusa, tahan disimpan lama dan tidak akan meledak, rasanya cenderung lebih tawar dan kurang manis.
jadi, temen-teman jika mau membeli legen, coba amati ada busanya atau tidak... dan kalau teman2 tutup selama setengah hari, ketika mau membuka tutup legen tersebut, legen akan mengeluarkan letusan atau tekanan udara yang kuat....

ini hasil investigasi saya dan teman saya budiman, semoga bermanfaat ya sobat blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar