Minggu, 12 Juli 2015

inilah macam-macam air yang dapat digunakan untuk bersuci. nomor enam sangat mengejutkan



Macam-macam air yang bisa untuk bersuci
Salam sobat, ketika kita terkena najis, pastinya kita butuh alat untuk bersuci dari najis, ada dua alat nih sobat yang dapat digunakan untuk bersuci, yang pertama adalah Air, dan yang ke dua adalah Debu/pasir/tanah.
Kali ini penulis akan membahas macam-macam air ang dapat teman-teman gunakan untuk bersuci nih sobat.
Dalam Agama Islam, ada tujuh macam air yang dapat teman-teman gunakan untuk bersuci:
1.        Air hujan
2.        Air laut
3.        Air sungai
4.        Air sumur
5.        Air mata air
6.        Air es/salju, dan
7.        Air embun.
Ke tujuh air tersebut dapat teman-teman gunakan untuk bersuci, wudlu, dan menghilangkan najis dari badan atau pakaian, tentunya jika ketujuh air tersebut memiliki kriteria air mutlak, yaitu air yang suci dan dapat untuk mensucikan.
Di pandang dari sudut pandang air yang dapat digunakan untuk bersuci, ketujuh air tersebut dibagi menjadi empat,
1.        air muthlaq, yaitu air suci dan dapat mensucikan dan tidak makruh pemakaiannya, seperti ketujuh macam air diatas.
2.        Air yang suci dan mensucikan tapi makruh pemakaiannya, seperti air yang terkena panas matahari.
3.        Air musta’mal, yaitu air suci tapi tidak mensucikan dan air yang telah berubah (warna, bau, atau rasanya) sebab ada barang yang suci yang mencampurinya, seperti air teh, wedang kopi, dll.
4.        Air Najis/mutanajis, yaitu air yang kurang dari dua kullah yang terkena najis walaupun tidak berubah warna, bau atau rasanya. Atau air yang lebih dari dua kullah yang terkna najis sampai mengubah warna, bau, atau rasa air tersebut.
Ukuran dua kullah sekitar 500 kati baghdad, jika diukur dalam bentuk centi meter (cm) adalah volume kubus yang mempunyai panjang 60 cm, tinggi 60 cm dan lebar 60 cm. Jadi jika teman-teman membuat tempat air, ukurannya jgn sampai kurang dari 60 cm ya.... biar airnya tetap suci jika digunakan untuk wudhu....
Terimakasih sobat, sudah mengunjungi blog saya, kalau ada pertanyaan jangan malu bertanya ya.... semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar