Kamis, 16 Juli 2015

kesunatan-kesunatan dalam berwudhu



Hay sobat bloger, apa kabarnya nih?
Sobat, ketika kita berwudhu dan telah melakukan kefadhuan dalam berwudhu, pastinya wudhu kita dapat dianggap sah, tapi belum sempuna jika belum melakukan kesunatan-kesunatan dalam berwudhu,
Ada 10 kesunatan yang sunat dilakukan ketika berwudhu, mari kita pelajari satu persatu:
1.      Membaca basmalah, yaitu bismillaahirrohmaanirrohiim.
2.      Membasuh kedua telapak tangan sebelum dimasukkan kedalam bejana
3.      Berkumur
4.      Menghirup air dengan hidung, menurut penelitian, orang yang sering berwudhu dan tidak lupa menghirup air dengan hidung, mempunyai kuman yang lebih sedikit yang tinggal didalam hidung, dibandingkan dengan orang yang berwudhu tapi tidak menghirup air dengan hidung, cara menghirup air ini jangan sampai masuk kekerongkongan, tapi menghirup sedikit lalu membuangnya.
5.      Mengusap seluruh kepala, kalau fardhu wudhu adalah mengusap sebagian kepala, tapi lebih baiknya mengusap seluruh kepala karena dapat kesunatan berwudhu.
6.      Mengusap kedua telinga luar dan dalam, daun telinga itu lo sobatm bagian luar dan dalam, ini dilakukan dengan air yang baru, bukan air bekas membasuh sebagian kepala.
7.      Menyela-nyelai jenggot yang lebat dan menyela-nyelai jari-jari tangan dan kaki.
8.      Mendahulukan (menbasuh/mengusap) anggota wudhu bagian kanan dari anggota wudhu yang kita, contohnya, ketika membasuh kedua tangan, basuhlah tangan bagian kanan dulu, setelah selesai barulah membasuk tangan bagian kiri.
9.      Bersuci tiga kali, contohnya yaitu, ketika membasuh muka sekali sudah sah, untuk mendapatkan kesunatan wudhu harus dibasuh sebanyak tiga kali berturut-turut.
10.  Beruntun/terus menerus, maksutnya antara step demi step dilakukan secara terus menerus tanpa terputus terlalu lama. Setelah membasuh muka, langsug dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan, dan langsung dilanjutkan mengusap sebagian kepala, jangan berhenti terlalu lama. Habis membasuh muka, lalu makan dulu, selesai makan baru membasuh kedua tangan, ini yang salah sobat, jangan dilakukan.
Inilah kesunatan-kesunatan dalam berwudhu, selamat belajar, selamat melakukan, dan semoga bermanfaat,,,,

1 komentar:

  1. Videoslots (video-game-spy) - Vimeo
    Vimeo Video Slots. I'll share my videos in the category "videoslots", so you will find videos for a good reason! youtube to mp3 converter online

    BalasHapus